Tugas Fisika 7

SEMESTER GENAP

Tugas-tugas yang diberikan untuk kelas 7A1 dan kelas lainnya tahun ajaran 2011/2012

kd 5.1 materi : pengamatan obyek bidang IPA [Kinerja Ilmiah]
TUGAS KELOMPOK KE-1
Tugas ini dikerjakan secara berkelompok, setiap kelas menggunakan kelompok belajar/piket yang jumlahnya seimbang (jumlah siswa/6 kelompok)
1. Tuliskan metode ilmiah dari bab 9, pada selembar kertas.
2. Buatlah nama kelompok dengan nama dari tokoh fisika dunia, tuliskan nama anggota/absen/kelas.
3. Carilah gambar/foto dari tokoh fisika yang kalian jadikan nama kelompok di internet/di ensiklopedia(literature) yang ada di perpustakaan. kemudian cetak/fotokopi sebanyak 2 buah-1 (satu) buah disertakan kedalam tugas yang dikumpulkan.
4. Buatlah 1 buah papan duduk segitiga dari karton yang satu sisi diberi gambar/foto tokoh fisika yang dicetak/dikopi diatas dan dituliskan namanya, sisi lainnya tuliskan anggota kelompok disertai kelas dan absen.
5. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan ke-2.

BAHAN DISKUSI KELOMPOK KE-1
Berikut adalah bahan yang akan dibahas pada pertemuan ke-2,
1. Kinerja Ilmiah berupa ketrampilan proses yang harus dikuasai siswa dalam pengamatan bidang IPA
2. Metode Ilmiah
3. Sikap Ilmiah
4. Mengkomunikasikan Hasil Diskusi dan menyusun dalam bentuk laporan.
Hasil diskusi ini dikumpulkan pada pertemuan ke-4

TUGAS KELOMPOK KE-2
Tugas ini dikerjakan secara kelompok pada lembar kerja kelompok.
1. Mengapa tidak semua pengetahuan dapat disebut ilmu? Bagaimana suatu pengetahuan dapat disebut ilmu?
2. Seorang siswa ingin meneliti pengaruh pemberian ekstrak temulawak terhadap pertumbuhan ternak kelinci. Siswa tersebut kemudian menyiapkan dua kelompok kelinci yang masing-masing terdiri atas sepuluh ekor kelinci. Kelompok A diberi ekstrak temulawak tiga hari sekali, sedangkan kelompok B tidak diberi ekstrak temulawak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok A mengalami pertambahan berat badan yang lebih tinggi dibandingkan kelompok B.
a. Tuliskan rumusan masalah dari penelitian tersebut!
b. Tuliskan hipotesis dari penelitian tersebut!
c. Tentukan variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut!
3. Agar dapat diketahui oleh pihak lain, hasil penelitian harus dipublikasikan. Publikasi dapat dibuat dalam bentuk laporan ilmiah. Tuliskan sistematika laporan ilmiah dari suatu penelitian!
4. Beberapa orang siswa melakukan penelitian tentang pengaruh suhu terhadap kecepatan fotosintesis. Mereka menggunakan termometer raksa untuk mengukur suhu lingkungan. Tiba-tiba ada seekor cecak yang jatuh di meja tempat mereka melakukan pengamatan. Seorang siswa kemudian melompat kaget sehingga termometer yang dipegangnya jatuh dan pecah. Raksa dalam termometer tersebut mengalir keluar. Mereka kemudian membersihkan peca9han termometer beserta raksanya dengan membuangnya ke tempat sampah di belakang sekolah. Apakah tindakan mereka mencerminkan sikap ilmiah seorang peneliti? jelaskan jawabanmu!
5. Di suatu kelas terjadi diskusi yang cukup seru. Menurut salah seorang siswa bernama Anton, tumbuhan tidak bisa bergerak. Tumbuhan hanya dapat bergerak jika digerakkan oleh manusia, hewan, dan angin. Siswa lain yang bernama Dito pun memantahnya. Menurutnya, tumbuhan dapat bergerak. Dito kemudian mengajak teman-temannya melakukan percobaan untuk membuktikannya. Dia lalu mengambil pot berisi tanaman. Salah satu cabang dan daun tanaman tersebut diikat dengan pot sehingga mengarah ke bawah. Beberapa hari kemudian, cabang yang diikat dengan pot tumbuh membelok ke atas lagi. Kini semua siswa telah membuktikan bahwa tumbuhan dapat bergerak. Sikap ilmiah apakah yang harus dimiliki seorang peneliti dalam kasus tersebut? Jelaskan jawabanmu!
Dikumpulkan pada pertemuan ke-3

TUGAS INDIVIDU KE-1
Tugas ini dikerjakan secara individu. bagi kelas ICT dikirimkan melalui e-mail, kelas yang lain pada lembar kerja individu.
1. Tuliskan contoh gejala abiotik dan gejala biotik.
2. Tuliskan sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang peneliti.
Dikumpulkan pada pertemuan ke-3 

kd 5.2 materi : Gerak Lurus [GLB dan GLBB]

TUGAS INDIVIDU KE-1 GLB
Tugas ini dikerjakan secara individu. bagi kelas ICT dikirimkan melalui e-mail, kelas yang lain pada lembar kerja individu.
1.download disini

Dikumpulkan pada minggu ke-3 April

TUGAS INDIVIDU KE-2  GLBB
Tugas ini dikerjakan secara individu. bagi kelas ICT dikirimkan melalui e-mail, kelas yang lain pada lembar kerja individu.
1.download disini

Dikumpulkan pada pertemuan ke-

TUGAS INDIVIDU KE-3 GLBB
Tugas ini dikerjakan secara individu. bagi kelas ICT dikirimkan melalui e-mail, kelas yang lain pada lembar kerja individu.
1.download disini
2.Dikumpulkan pada pertemuan ke-10


BAHAN DISKUSI KELOMPOK KE-2
Berikut adalah bahan yang akan dibahas pada pertemuan ke-6,
1.
2. Mengkomunikasikan Hasil Diskusi dan menyusun dalam bentuk laporan.
Hasil diskusi ini dikumpulkan pada pertemuan ke-8
BAHAN DISKUSI KELOMPOK KE-3
Berikut adalah bahan yang akan dibahas pada pertemuan ke-9,
1.
2. Mengkomunikasikan Hasil Diskusi dan menyusun dalam bentuk laporan.
Hasil diskusi ini dikumpulkan pada pertemuan ke-11


kd 5.3 materi : Cara Kerja di Laboratorium [Mikroskop, Preparat dan Alat Laboratorium]

TUGAS KELOMPOK KE-3
Tugas ini dikerjakan secara berkelompok, setiap kelas menggunakan kelompok yang telah terbentuk pada pertemuan ke-

1.  , pada selembar kertas.
2.
3. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan ke-.

BAHAN DISKUSI KELOMPOK KE-4
Berikut adalah bahan yang akan dibahas pada pertemuan ke-,
1.
2. Mengkomunikasikan Hasil Diskusi dan menyusun dalam bentuk laporan.
Hasil diskusi ini dikumpulkan pada pertemuan ke-

TUGAS INDIVIDU KE-4
Tugas ini dikerjakan secara individu. bagi kelas ICT dikirimkan melalui e-mail, kelas yang lain pada lembar kerja individu.
1.
2.
Dikumpulkan pada pertemuan ke-

kd 5.4 materi : Cara Kerja di Laboratorium [Bahan Kimia dan Keselamatan Kerja di Laboratorium]

TUGAS KELOMPOK KE-4
Tugas ini dikerjakan secara berkelompok, setiap kelas menggunakan kelompok yang telah terbentuk pada pertemuan ke-

1.  , pada selembar kertas.
2.
3. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan ke-.

BAHAN DISKUSI KELOMPOK KE-5
Berikut adalah bahan yang akan dibahas pada pertemuan ke-,
1.
2. Mengkomunikasikan Hasil Diskusi dan menyusun dalam bentuk laporan.
Hasil diskusi ini dikumpulkan pada pertemuan ke-

TUGAS INDIVIDU KE-5
Tugas ini dikerjakan secara individu. bagi kelas ICT dikirimkan melalui e-mail, kelas yang lain pada lembar kerja individu.
1.
2.
Dikumpulkan pada pertemuan ke-
 
[tugas-tugas ini masih dapat dilakukan perubahan, menyesuaikan dengan kondisi]


SEMESTER GASAL
Tugas yang diberikan untuk kelas 7A1 dan kelas lainnya tahun ajaran 2011/2012


TUGAS 1
1. Kerjakan soal Mid Semester bagian Fisika pada lembar kertas. dikumpulkan
    pilihan ganda no 11-20 dan essai no 4 dan 5.


TUGAS 2
Bagian Wujud Zat sub Massa Jenis
1. Kerjakan soal uji kompetensi pada buku paket BSE, halaman 77-81 no 1 s.d. 20


TUGAS 3
Bagian Wujud Zat sub Pemuaian
1. Kerjakan soal dari buku paket BSE, halaman 82 no. 4
2. Kerjakan soal dari buku paket BSE, halaman 86 bagian C no. 8


TUGAS 4
Tugas yang harus dikerjakan saat Libur Idul Adha dan hari tasrik tgl 4-9 Nopember 2011, akan dinilai dan dibahas setelahnya.



atau buka disini dan didownload



SEMESTER GENAP


Tugas-tugas yang diberikan untuk kelas 7A1 tahun ajaran 2010/2011

TUGAS 1
buatlah sebuah presentasi dengan powerpoint yang menjelaskan tentang materi GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB). tugas ini dikumpulkan melalui email ke email bapak hidayatullah.

TUGAS 2 
kerjakan soal berikut sesuai dengan nomor absen kalian.
nomor absen ganjil
1. 
2. 
3.
4.
5.
nomor absen genap
1. 
2. 
3.
4.
5.

TUGAS 3
buatlah presentasi dengan materi sesuai dengan absen kalian.
1. TENTANG TATACARA PENGGUNAAN MIKROSKOP (GENAP)
2. TENTANG KINERJA ILMIAH (GANJIL)

TUGAS 4
kerjakan soal berikut dan kirimkan jawaban melalui email ke email bapak hidayatullah.
  1. Sebuah kereta api memiliki kecepatan awal 60 m/s. Saat mendekati stasiun, kereta mengalami perlambatan 3 m/s2. Tentukan:
    1. a. lama waktu sampai kecepatan kereta menjadi 15 m/s,
    2. b. lama waktu sampai kereta berhenti dari kecepatan awalnya.
  2. Sebuah mobil dipercepat dari keadaan diam menjadi berkecepatan 20 m/s dalam waktu 10 sekon. Tentukan:
    1. a.percepatan mobil
    2. b.percepatan mobil jika setelah mencapai kecepatan 20 m/s mobil dipercepat lagi untuk mencapai kecepatan 50 m/s dalam waktu 5 sekon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar