Senin, 28 November 2011

Penjaminan Mutu

Diklat Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran LPMP D.I.Y, Kalasan, Sleman, Yogyakarta materi penjaminan mutu disampaikan oleh Susi Anto.

Materi diawali dengan penjelasan tentang defisini mutu, yang dinyatakan dalam 2 perspektif yaitu:
Perspektif Absolut yaitu mutu yang berkesesuaian dengan standar (Standart Nasional Pendidikan)
Perspektif Relatif yaitu mutu yang memenuhi harapan pelanggan (peserta didik)

Sistem Manajemen Mutu diuraikan dengan meninjau terlebih dahulu Manajemen mutu yaitu "suatu cara dalam mengelola suatu organisasi yang bersifat komprehensif dan terintegrasi yang diarahkan dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan secara konsisten dan mencapai peningkatan secara terus menerus dalam setiap aspek aktivitas organisasi" dan dinyatakan bahwa Sistem manajemen mutu merupakan "kesatuan dari kebijakan, prosedur, manual, struktur organisasi dan aturan aturan lain untuk mengatur aktifitas-aktifitas terkait dengan mutu".

Dinyatakan bahwa kualitas/mutu sistem manajemen tidak terjadi karena adanya dengan tiba-tiba atau karena suatu kesalahan (Quality does not happen by accident) akan tetapi sebuah sistem manajemen yang kualitas membutuhkan (A quality management system requires) adanya beberapa hal yakni adanya sumber daya pengelola sistem manajemen (Resources); perencanaan yang bagus (Planning); serta komitmen dari pengelola yang kuat untuk mencapainya secara terus menerus (Commitment). 

wait a moment to read more...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar