Rabu, 30 Maret 2011

Fungsi Website

Fungsi dari website dapat diutarakan sebagai: fungsi komunikasi, fungsi informasi, fungsi entertainment dan fungsi transaksi.

Fungsi Komunikasi mengandung arti bahwa website dapat memiliki fasilitas yang digunakan untuk saling berkomunikasi antar pengunjung maupun anggota dari website. Fasilitas itu seperti web email, form contact, chating, forum, shoutbox, mailing list dan lain sebagainya.

Fungsi Informasi mengandung makna bahwa suatu website akan menampung informasi-informasi yang perlu diketahui oleh khalayak pengguna cyberspace. Informasi tersebut dapat berupa news [berita], profile company, library, referensi, history, insiklopedi, dictionary, dan berbagai bentuk informasi lain.

Fungsi Entertainment disini fungsi website digunakan untuk memuaskan dari pengunjung sebagai sarana hiburan, seperti online games, online music, online movie dan sebagainya.

Fungsi Transaksi yakni pemanfaatan website yang digunakan untuk melakukan transaksi bisnis seperti order online, pembayaran kartu kredit, paypall, dan lain lain.

Dari beberapa fungsi diatas, ternyata website tidak hanya sekedar untuk gensi pemilik semata namun memiliki fungsi dan peran yang berbeda-beda. Sehingga akhirnya banyak bermunculan fungsi-fungsi lain yang digunakan untuk kepentingan-kepentingan tertentu seperti e-Banking, e-Commerce, e-Goverment, e-Learning yang merupakan suatu bentuk interaksi elektronis yang menggunakan internet sebagai mediumnya.

Setiap fungsi tentunya akan memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Sehingga dapat dikatakan bahwa website merupakan sarana yang memadai untuk menyampaikan, mendapatkan serta mengelola sesuatu hal secara online [langsung].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar