Rabu, 30 Maret 2011

ICT Model School

ICT keliatannya sebuah hal yang menggiurkan untuk diselami, ternyata tidak hanya menggiurkan namun membawa sesuatu menjadi semakin mudah dan tanpa jarak dan batas. Banyak hal yang dapat diambil dari pemanfaatan ICT, seperti yang telah diawali oleh Korea. Disana dikembangkan sebuah komunitas yang menggunakan ICT sebagai sarana untuk belajar dan berbagi ilmu pengetahuan.

Indonesia pun ikut tergabung dalam komunitas itu, nah.. kali ini aku mendapatkan kesempatan untuk mengenal lebih dekat tentang program itu. Melalui mr. Nurdin (guru SMA Negeri 8 yogya), yang aku temukan beliau saat bersama mengikuti pelatihan dan open house ICT di SMA Sewon Bantul. Beliau mengajak aku dan kawan-kawanku untuk ikut bergabung dengan Alcob salah satu program dari APEC.
Salah satu programnya adalah ICT model School. Tempat kerjaku mendapatkan undangan untuk mengikuti acara itu yang diselenggarakan dari tanggal 27 Juni 2005 sampai 1 Juni 2005 di SMP N 5 Jogja.
Dalam kesempatan itu kami diberikan penjelasan tentang Alcob dan mekanisme yang harus disiapkan apabila hendak bergabung dengannya. Nah... kali ini kita mempersiapkan diri untuk membuat sebuah website bilingual, yakni website yang memiliki 2 bahasa atau lebih. Enak juga mengikuti acara ini, seakan kita dibukakan sebuah wawasan cakrawala baru yang sedang berkembang di kawasan Asia Pacifik dalam sisi pembelajaran - yakni pembelajaran dengan memanfaatkan media ICT.
Pada workshop ini kita mempelajari tentang HTML, PHP, MySQL dan web Builder Namo. Wah.. ternyata kemampuanku dalam merancang web teruji di sini, masih banyak yang harus kupelajari terutama dengan penggunaan web builder ... yang mengenakkan kita dalam membuat sebuah site.
Pada akhir workshop aku diajak untuk ikut bergabung dengan Alcob. Nah disini aku tertantang untuk lebih BINA DIRI karena yang harus aku hadapi adalah bahasa inggris yang aktif, padahal aku merasa nggak begitu mampu untuk berkomunikasi langsung secara aktif dalam berbahasa inggris... sebuah TANTANGAN baru untuk lebih KREATIF dan INOVATIF dalam menggali kemampuan-kemampuanku yang dangkal ini.
Akhirnya aku harus membulatkan tekad ... Semangat... Motivasi.... Inovasi.... Kreatif.... Bina Diri.... untuk gapai semua Cita dan Karsa Guna Bhaktikan diri selama Dimensi Masa masih berjalan.

Hidupkan jiwa ini melampaui segala rintang, tuk gapai dan rengkuh hasrat diri sebagai manifestasi karya nyata dalam berbagi rasa dan ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar