Rabu, 30 Maret 2011

Kategori Website

Selama berselancar (browsing) di internet aku menjumpai banyak sekali model website, sehingga sempat terpikir bahwa websitepun dapat dikategorikan. Pengklasifikasian website dalam kategori-kategori tertentu akan memudahkan dalam melakukan broswing maupun pendataan situs yang akan dimasukkan dalam bookmark kita; sehingga identifikasi suatu site akan lebih cepat.

Menurut buku Koleksi Template Web dan Teknik Pembuatannya karangan Jasmadi pengklasifikasian website dapat dikategorikan sebagai berikut:
  1. Website berdasarkan Bidang Operasionalnya
  2. Merupakan website yang isinya sesuai dengan bidang kerjanya/sifat isinya, seperti website pendidikan, website sosial, website bisnis, website entertainment, website iklan dan lain sebagainya.
  3. Website berdasarkan Bentuknya
    Merupakan website yang ditampilkan sesuai dengan bentuk/model tata letak tertentu berkesuaian dengan tujuan dibuatnya website tersebut, contoh bentuknya seperti profile, online store, reference/library, utility (directory, search engine dan lain sebagainya) dan portal (multi service).
Berkesuaian dengan pengklasifikasian diatas, tentunya kita dapat lebih mudah untuk menyusun daftar situs maupun merencanakan pembuatan suatu situs yang akan diluncurkan ke internet. Mungkin saja klasifikasi ini masih belum lengkap, kami masih membutuhkan beberapa referensi lain yang menjelaskan tentang website baik itu model, operasional fungsinya maupun hal lain yang dapat dikaitkan dengan perencanaan maupun pengelompokkan suatu website.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar