Rabu, 30 Maret 2011

Ide atau Keterpaksaan

Malam ini aku berbincang-bincang dengan seorang kawan Bekti namanya. Inti perbincangan ini mengacu pada bagaimana mengangkat dan mendayagunakan kemampuan bakat dan minat dari siswa-siswaku pada beberapa hal yang kami miliki kemampuannya.

Dasar dari ide ini adalah Pemanfaatan ICT dalam media pembelajaran dan knowlegment sharing secara optimal. Tinjauannya dimulai dari bagaimana bentuk pemanfaatannya sampai berbicara masalah kelompok ini, kita berpikir tentang apa saja yang harus dilakukan untuk pengembangan ICT dalam media pembelajaran: sesuai dengan gambaran kami yang tidak begitu ahli ternyata dapat dibagi dalam 4 hal yaitu: Video Editing, Fotografi, Web Programming dan Presentasi. Tentunya ke-empat hal itu akan didukung dengan kemampuan grafis dan bahasa sebagai dasar dari penyusunan dan pembentukan media yang menarik dan interaktif.

Presentasi
Presentasi merupakan sebuah cara untuk mengungkapkan pemahaman dan analisa kita terhadap hal tertentu kepada orang lain supaya orang yang menjadi audiens dapat mengerti dan jelas terhadap hal tersebut. Banyak sekali hal yang dapat dilakukan dan dipelajari dalam pembuatan presentasi yang menarik; mulai dari perencanaan, pengumpulan bahan, perancangan tampilan, urutan proses dan model dari presentasi.
Dalam hal ini yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan perangkat ICT seperti mempelajari dan mempraktekkan penggunaan software Powerpoint, Authorware, Director, Corel Presentation serta program/software yang mendukung pembuatan sebuah presentasi yang menarik dan interaktif.

Video Editing
Video/atau gambar bergerak dapat menjadi media belajar yang sangat tepat, karena selain melihat dalam bentuk gambar juga akan melihat bentuk proses/conteks keseharian.
Banyak sekali pengalaman dan materi yang didapat dari mempelajari proses Video Editing, dimana untuk mendapatkan suatu movie/film yang mampu memberi gambaran secara real. Sehingga kami berpikir perlunya mempelajari tentang perencanaan, pengumpulan bahan, pengambilan gambar, mengolah video, mengolah suara dan lain-lain yang terkait dengan pembuatan sebuah video.

Fotografi Digital
Fotografi digunakan untuk mendapatkan image/gambar dengan menggunakan kamera sebagai alatnya. Namun setelah kita mengambil gambar biasanya finishingnya hanyalah dicetak, namun kali ini perlulah kita mengolah kembali image dengan software pengolah image dan building menjadi kumpulan digital image ke bentuk CD.

Sekaligus juga akan dipelajari bagaimana mengolah image, memanipulasi image, mengompilasi menjadi VCD, dan mempelajari bagaiman pengambilan gambar yang baik (secara manual maupun otomatis).

Web design/programming
Dalam rangka mengenalkan media dan hasil yang telah dikembangkan perlu disediakan suatu tempat yang dapat diakses melalui internet. Pembuatan sebuah website menjadi suatu hal yang utama dalam hal dimuka. Untuk itu perlu juga dikembangkan diberikan suatu materi yang mempelajari pengelolaan suatu website, pembuatan website, perancangan komponen-komponen website seperti flash, script, dan media interaktif yang dapat terinclude dalam suatu situs. Nah .. yang perlu dipelajari disini sangatlah kompleks, mulai dari pencarian data, penyusunan data, pengelompokkan, kemudian melakukan pembuatan code html/php melalui web builder. Untuk mendukung keindahan website maka dipelajarkan juga tentang pembuatan animasi dan pengolahan image.

Nah.. ide ini tentunya tidak hanya dilakukan seorang diri, perlu tim, kali ini aku mengajak 3 orang temen guru yang akan memegang 1 bagian dari masing-masing hal di atas.
Wuih aku sudah bayangkan kalo hal ini bisa terjadi dan lancar... akan membawa sekolahku menjadi semakin regeng ajah..

Lebih-lebih aku dan temenku punya angan-angan mo dipola eliminasi.
implementasinya disertai dengan daya dukung yang ada. Disisi lain untuk mengembangkan itu hanya diperlukan sedikit personel, sehingga kita berpikir hanya akan mengambil 6 - 12 orang per kelompoknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar